PARTS OF SPEECH

Parts of Speech mempelajari kelas kata atau jenis-jenis kata dalam bahasa Inggris. Tujuan yang dapat diperoleh dari mempelajarinya adalah kita dapat menyusun frasa, klausa, dan kalimat dengan baik dan benar. Karena parts of speech dalam penggunaanya berkaitan erat dengan struktur bahasa Inggris atau grammar (STRUCTURES). Sebagai contoh pada tataran frasa, “sangat kecil” dapat dinyatakan dengan very small. Akan tetapi jika penjelasnya (sangat) diganti dengan “cukup”, maka strukturnya akan berubah menjadi small enough, bukan enough small. Hal ini terjadi karena adanya kaidah bahwa enough, yang berkelas kata adverb, harus diletakkan setelah adjective yang dijelaskannya.

Pada tataran kalimat juga dapat ditemui hal serupa. Misalnya, kalimat “Aku sangat mencintaimu” tidak dapat diterjemahkan begitu saja dengan I very love you. Alasannya yaitu adverb very hanya dapat menjelaskan adjective atau adverb. Sehingga kalimat di atas tidak berterima. Dan sebagai alternatifnya dapat digunakan I love you very much, mengingat much memiliki kelas kata adverb.

Kekeliruan-kekeliruan di atas dapat terjadi apabila kita tidak mengetahui kelas kata bahasa Inggris. Oleh karena itu, mempelajari kelas kata menjadi penting dalam rangka untuk menghindari kerancuan dalam berkomunikasi, baik secara lisan maupun tulisan.

Secara umum, parts of speech meliputi delapan kelas kata, yakni:

  1. NOUN (kata benda)
  2. PRONOUN (kata ganti)
  3. ADJECTIVE (kata sifat)
  4. VERB (kata kerja)
  5. ADVERB (kata keterangan)
  6. CONJUNCTION (kata sambung)
  7. PREPOSITION (kata depan)
  8. INTERJECTION (kata seru)

 

Referensi: “Pandai Berbahasa Inggris ala Kampung Inggris Pare – Parts of Speech” (Khalim, 2015).