MORPHEMES

A. DEFINISI

Morphemes, dikenal juga dengan roots, adalah satuan terkecil bahasa yang memiliki makna dan tidak dapat dibagi lagi. Sebagai contoh, kata unbreakable terdiri dari 3 morphemes, yaitu un-, break, -able. Sementara technique merupakan sebuah morpheme karena tidak dapat dibagi menjadi bagian yang lebih kecil.


B. JENIS

  • Free morphemes
    Free morphemes (morfem bebas) adalah morphemes yang dapat berdiri sendiri dan biasanya berbentuk kata, seperti town, country, person, month, dst.
  • Bound morphemes
    Bound morphemes (morfem terikat) adalah morphemes yang tidak dapat berdiri sendiri dan pada umumnya berupa affixes (imbuhan), baik berupa prefixes (awalan) maupun suffixes (akhiran), seperti in-, ir-, -ish, -ous pada kata independent, irregular, childish, dangerous, dst.
  • Derivational morphemes
    Derivational morphemes (morfem derivasional/ derivatif) adalah morphemes yang mengubah kelas kata atau makna kata. Contoh: morfem –ness mengubah kelas kata adjective (happy) menjadi noun (happiness), dan un- mengubah arti kata kind (baik) menjadi unkind (tidak baik).
  • Inflectional morphemes
    Inflectional morphemes (morfem infleksional/ inflektif) adalah morphemes yang tidak menyebabkan perubahan kelas kata dan makna kata. Contoh: morfem –s tidak mengubah kelas kata dari dog menjadi dogs, dan morfem –ed tidak mengubah makna dari wait menjadi waited.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s